Minyak Dunia Menguat Hampir 3 Persen


Dibaca: 3229 kali 
Selasa,03 November 2020
Minyak Dunia Menguat Hampir 3 Persen ilustrasi internet

RADARBISNIS.CO.ID -- Harga minyak naik hampir 3 persen pada penutupan perdagangan Senin (2/11) waktu AS atau Selasa (3/11) pagi WIB, rebound dari pelemahan yang terjadi karena kekhawatiran meningkatnya kasus virus corona beberapa hari belakangan kemarin.

Selasa (3/11), harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Januari menguat US$1,03 atau 2,7 persen ke US$38,97. Sementara itu, minyak mentah berjangka AS, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember menguat US$1,02 atau 2,9 persen ke level US$36,81 per barel.

Kedua kontrak sebenarnya sempat tertekan lebih dari US$2 di awal sesi. Tetapi, minyak berbalik naik didorong data pabrik di Asia dan Amerika Serikat yang kuat. Aktivitas manufaktur AS meningkat lebih dari yang diharapkan pada Oktober, dengan pesanan baru melonjak ke level tertinggi dalam hampir 17 tahun.

Pasar minyak sempat berada di bawah tekanan akibat peningkatan kekhawatiran pasar atas penurunan permintaan bahan bakar di beberapa negara Eropa akibat kebijakan lockdown yang diterapkan demi mengatasi penyebaran virus corona. Kebijakan diterapkan setelah kasus infeksi di AS dan sejumlah negara menembus rekor harian. Itu membuat pasar khawatir pemulihan permintaan minyak dunia yang diharapkan bakal terganjal.

"Kekhawatiran atas pasokan minyak dan fundamental permintaan akan memainkan peran kedua setelah pemilihan presiden AS dan bagaimana pasar-pasar risiko akan bereaksi terhadap hasilnya," kata analis BNP Paribas Harry Tchilinguirian.(cnn)


Akses radarbisnis.co.id Via Mobile m.radarbisnis.co.id
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Seroja Pekanbaru
TELP / HP : 081268162022 / 081276277120
Email: radarbisnisnews@gmail.com