PT. SAI dinilai Kangkangi HAK Masyarakat Luberti


Dibaca: 2325 kali 
Senin,07 Oktober 2019
PT. SAI dinilai Kangkangi HAK Masyarakat Luberti

RADARBISNIS.CO.ID - Persoalan perpanjangan HGU PT. SAI masih menuai konflik dari masyarakat Desa Lubuk Bendahara Timur, pasalnya masyarakat menolak dan meminta   lakukan ukur ulang lahan perkebunan PT. SAI yang berada dalam kawasan wilayah Desa Lubuk Bendahara Timur yang dimana sebelumnya menjadi  tanah ulayat Desa Lubuk Bendahara Timur.



Selama ini peran perusahaan masih minim untuk berkontribusi di Desa Lubuk Bendahara Timur, terkait dana CSR yang diberikan perusahaan tidak sebanding dengan luas tanah ulayat Desa Luberti itu yang dijadikan lahan perkebunan oleh Perusahaan.



Alman suri menilai bahwa perusahaan belum ada itikad baik untuk membicarakan persoalan ini  dengan masyarakat, keinginan dari masyarakat nampaknya belum bisa diterima oleh perusahaan dan pihak perusahaan tetap acuh dengan beribu argumentasinya.



PT. SAI Anak dari Astra Group itu seakan menutupkan mata, dan telah melanggar aturan yang berlaku yakni pada Permen ATR nomor 7/2017 dalam pasal 42 ayat (3) yaitu kesanggupan pemohon perpanjangan jangka waktu hak guna usaha dalam melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dinyatakan dalam bentuk kesepakatan tertulis antara masyatakat dengan pemegang hak guna usaha, maka atas dasar itu Alman Suri menegaskan bahwa PT. SAI telah mengangkangi hak msayarakat Luberti.



Selama ini pihak perusahaan tidak pernah membuat kesepakatan tertulis terkait CSR dengan masyarakat, jika perpanjangan HGU PT. SAI ini tetap diterbitkan maka ini menjadi pertanyaan besar, karena syarat dari pengurusan perpanjangan HGU itu  salah satunya harus ada kesepakatan tertulis sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 42, ucap Alman.



Ditempat berbeda Sepriadi yang sementara ini berada di kota Dumai saat dikonfirmasi melalui telepon genggam mengatakan  bahwa memang PT. SAI tidak pernah berbuat untuk kesejahteraan masyarakat setempat, harusnya mayarakat bisa mendapatkan kesejahteraan atas keberadaan perusahaan yang dimana secara langsung berada dalam wilayah Desa Lubuk Bendahara Timur.



Sudah cukup selama ini perusahaan menzalimi masyarakat, jangan dibuat masyarakat semakin sulit dan jauh dari tingkat kesejahteraan, karena seharusnya masyarakat sudah cukup sejahtera dengan keberadaan perusahaan, bukan sebaliknya. Jika hal ini masih terjadi kami masyarakat Desa Luberti akan lakukan aksi besar besaran terkait penuntutan atas Hak. Tutup aktivis HmI Itu. (as)


Akses radarbisnis.co.id Via Mobile m.radarbisnis.co.id
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Seroja Pekanbaru
TELP / HP : 081268162022 / 081276277120
Email: radarbisnisnews@gmail.com