Pasca-Pertemuan Jokowi-Prabowo,

Gerindra Incar Kursi Ketua MPR


Dibaca: 2304 kali 
Sabtu,20 Juli 2019
Gerindra Incar Kursi Ketua MPR

RADARBISNIS.CO.ID - Wakil Ketua Fraksi Gerindra MPR RI, Sodik Mujahid menggelontorkan rancangan komposisi pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin untuk lima tahun kedepan. Dalam komposisi tersebut, Partai Gerindra mengincar kursi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)‎.

 

Menurut Sodik, rancangan komposisi tersebut merupakan yang terbaik untuk pemerintahan Jokowi lima tahun kedepan. Rancangan komposisi tersebut digelontorkan Gerindra setelah adanya pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto, beberapa waktu lalu.

 

"Komposisi terbaik adalah:‎ Ketua MPR, Gerindra. Ketua DPR, PDIP. Dan Presiden, IR Joko Widodo," kata Sodik, Jumat (19/7/2019).

 

‎Sodik menyatakan bahwa komposisi tersebut tidak perlu menunggu lama dari koalisi oposisi ataupun koalisi pemerintahan untuk disepakati. Sebab, katanya, PDI-Perjuangan dan Gerindra merupakan partai dengan perolehan suara terbanyak di Pemilu 2019.

 

"Komposisi ketua MPR dan DPR diatas tanpa harus terkait dan menunggu komposisi terakhir koalisi oposisi dan koalisi di pemerintahan, karena rakyat dan bangsa Indonesia sudah memahami keberadaan dan posisi PDIP serta GERINDRA khususnya dalam pileg dan pilpres 2019-2024," terangnya.

 

Lebih lanjut, dijelaskan Sodik, berdasarkan UU MD3, partai dengan suara terbanyak yakni PDI-Perjuangan berhak mendapatkan jatah kursi sebagai Ketua DPR.‎ Sementara untuk MPR, masih harus ditentukan melalui pemilihan anggota parlemen.

 

"Posisi ketua MPR ditetapkan melalui pemilihan oleh anggota MPR (Berasal dari anggota DPR dan anggota DPD) yang biasa dilaksanakan dengan pengajuan sistem paket," katanya. (okz)


Akses radarbisnis.co.id Via Mobile m.radarbisnis.co.id
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Jl. Seroja Pekanbaru
TELP / HP : 081268162022 / 081276277120
Email: radarbisnisnews@gmail.com