Musyawarah Quari di Desa Luberti dinilai Janggal


Dibaca: 3078 kali 
Jumat,19 Juli 2019
Musyawarah Quari di Desa Luberti dinilai Janggal Foto Alman Suri

ROHUL - aktifitas dari beroperasinya kembali quari galian C di desa lubuk bendahara timur mengundang perhatian banyak pihak. Berawal dari operasi sebelumnya menuai banyak permasalahan, mulai dari perizinan, dampak lingkungan hingga dalam pembagian dana bagi hasil.



Pada Selasa, 16 Juli 2019 musyawarah kembali dilakukan bertempat di aula desa lubuk bendahara timur dan memuat beberapa keputusan yang disepakati diantaranya dana bagi hasil dari quari yang di terima oleh desa 4.000/ mobil jika quari beroperasi.



Dalam hal ini Alman Suri selaku pemuda setempat mengatakan bahwa hasil musyawarah pada hari selasa itu di nilai sangat Janggal, pada musyawarah sebelumnya sudah memuat kesepakatan antara pengusaha dan desa ditetapkan dana bagi hasil dari quari diterima oleh desa dengan angka 5 juta setiap bulannya, dan sekarang menjadi 4.000/mobil jika quari beroperasi saja. Kades Luberti dinilai tidak ada ketegasan dalam hal ini  ucap aktivis Hmi itu.



Cukuplah sudah membodohi masyarakat, logika saja jika nominal ribuan itu dibagi lagi dalam beberapa pos jadi masing masing pos akan mendapatkan berapa..?.


Misal dalam pos pemuda, masjid, lembaga adat apakah akan dibagi dan masing masing mendapatkan 300 perak per pos, belum lagi pada pos pos yang lainnya, dan juga dalam mekanisme pemungutannya harus jelas, seperti apa dan siapa yang akan ditugaskan untuk mengawasinya serta bagaimanakah tingkat indikasi kecurangan nya.



"Harus diketahui bahwa dalam dunia bisnis pengusaha pasti ingin meraup keuntungan sebanyak banyaknya, jadi dalam nominal ribuan per mobil itu saya pikir harus di evaluasi kembali, memang sangat bermanfaat adanya investor membuat PADes menjadi meningkat, namun tidak seharusnya mengabulkan keinginan pengusaha sehingga Desa menjadi lemah". Tutup alman. (as)


Akses radarbisnis.co.id Via Mobile m.radarbisnis.co.id
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Seroja Pekanbaru
TELP / HP : 081268162022 / 081276277120
Email: radarbisnisnews@gmail.com