Muskomwil I Apeksi,

Walikota Se Sumatera Kagumi Perkembangan Kota Pekanbaru


Dibaca: 5075 kali 
Selasa,06 Februari 2018
Walikota Se Sumatera Kagumi Perkembangan Kota Pekanbaru

RADARBISNIS.CO.ID - Pelaksanaan Musyawarah Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota se Indonesia (Muskomwil I Apeksi) yang berlangsung 1-3 Februari 2018 di Kota Pekanbaru.

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 24 walikota pun turut hadir dalam acara Muskomwil (Musyawarah Komisariat Wilayah I) Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Apeksi).


Dalam sambutannya,  Walikota Pekanbaru, mengucapkan selamat datang kepada 24 Walikota yang telah hadir dalam Muskomwil I Apeksi. Kamis (1/2/2018)

"Selamat datang di kota Pekanbaru, semoga bapak dan ibu merasakan seperti di kota sendiri. Nantinya, apa yang kita diskusikan dan berbagi pengalaman dalam membangun kemajuan kota melalui Muskonwil I Apeksi ini dapat berjalan dengan lancar, "ucapnya.

Selanjutnya, di hadapan 24 Walikota Wilayah I, Dr Firdaus ST MT memaparkan strategi dan perkembangan pembangunan Kota Pekanbaru.

"Perkembangan Kota Pekanbaru saat ini, memang sudah terlihat pesat. Namun, masih banyak lokasi yang dapat dikembangkan. Melihat, Pekanbaru sekarang bisa dua kali lipat dimasa yang akan datang, "tutur walikota Pekanbaru.

Ketua wilayah I Apeksi Apresiasi Perkembangan kota Pekanbaru

Selanjutnya, Ketua wilayah I Apeksi mengatakan, kegiatan Muskomwil I Apeksi guna menjadikan bahan study banding dari setiap daerah usai melaksanakan kegiatan ini.

"Saya mengapresiasi perkembangan Kota Pekanbaru, saya kagum, dari apa yang di paparkan pak firdaus. Mengenai program Smart City Madani, pemantauan kotanya terlihat rapi dan bersih, serta pembangunannya pesat, "ucapnya.

Menurut Mahyeldi yang juga Walikota Padang ini, tingginya tingkat kehadiran anggota Apeksi juga tak terlepas dari daya tarik Kota Pekanbaru.

"Terimakasih walikota se-Sumatera komwil dan pusat. Kesadaran diri kita semakin meningkat dalam pertemuan kita kali ini. Tentunya, dengan Kemajuan pesat di kota Pekanbaru menjadi bahan acuan di kota masing-masing, " terangnya.

Adapun 24 Walikota yang menghadiri Muskonwil I Apeksi selama tiga hari, mengusung tema, Kesiapan pemerintah daerah  menjaga keberlanjutan  dan program pembangunan daerah Bidang Kependudukan dan Infrastruktur.

Kota Sabang, Kota Langsa, Kota Banda Aceh, Kota Subulussalam,kota Lhoksemawe, Kota Binjai, Kota Sibolga, Kota Medan, Kota Pematang Siantar, Kota Tebing Tinggi, Kota Padang Sidempuan, Kota Gunung Sitoli, Kota Tanjung Balai, Kota Dumai, Kota Padang, Kota Sawaluntho, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Bukit Tinggi, Kota Solok, Kota Pariaman, Kota Tanjung Pinang, dan Kota Batam.

Di hari kedua, berdasarkan rapat pleno Muskomwil I Apeksi ditandai terpilihnya Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT sebagai ketuaKomwil I Apeksi.

"Terimakasih atas kepercayaannya, semoga tim yang telah dibentuk ini dapat bermanfaat dalam pelayanan masyaarakat, "ucap Walikota Pekanbaru.

Dalam kepengurusan Muskomwil I Apeksi,Wakil Ketua I , Aminullah Usman walikota Aceh, Wakil II Ramlan Nurmantias, dan wakil III, Syarfi Hutauruk walikota sibolga.

Ketum Apeksi tinjau Pekanbaru Command Center

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Hj Airin Rachmi Diany SH, MH didampingi Walikota Pekanbaru, DR Firdaus ST MT saat meninjau Pekanbaru Command Center yang berada di Kantor Diskominfo Kota Pekanbaru.

Peninjauan yang dilakukan tersebut dilakukan bersama rombongan peserta Apeksi lainnya yang tujuannya untuk mengenalkan lebih jauh tentang bagaimana fungsi dan manfaat dari perangkat IT  yang ada di Pekanbaru Command Center.

Pada kesempatan itu, Kepala Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru Firmansyah Eka Putra ST, MT mempresentasikan atau menjabarkan kepada rombongan, tentang fungsi satu-persatu dari aplikasi yang terdapat pada Pekanbaru Command Center tersebut.

"Pekanbaru Command Center ini sangat banyak manfaatnya. Selain itu,  Pekanbaru Command Center ini juga disediakan koneksi CCTV dengan alat canggih untuk melihat aktifitas kota, sehingga  lebih cepat dan akurat dalam mematau perkembangan kota Pekanbaru," ujar Eka.

Selain itu, dalam peninjauan tersebut, Wali Kota juga sempat melakukan video conferens dengan Kabid Pengelolaan dan Layanan Komunikasi dan Informasi Publik Mawardi, SAg, yang saat itu tengah berada di RTH Tunjuk Ajar Integritas di Jalan Ahmad Yani.

"Assalamualaikum pak Wali. Saat ini saya di RTH Ahmad Yani. Pantauan di sini masih terlihat lengang. Mungkin karena faktor cuaca yang panas belum ada masyarakat yang berdatangan. Sekian saya melaporkan pak Wali," ujar Mawardi saat video conferens tersebut dilakukan.

Setelah itu, Walikota pun melalui Kadiskominfo juga mengenalkan tentang aplikasi "EKA" (Evaluasi Kinerja Anggaran), Sipadu, dan monitoring tentang lokasi pertanahan di Kota Pekanbaru.

Ketua Apeksi Airin Rachmi pun sontak tertarik dan memuji beberapa aplikasi berbasis IT yang ada di Pekanbaru Command Center tersebut.

"Saya sangat suka dengan aplikasi tentang  Sipadu dan pertahanan itu," kata Airin yang disambut Wali Kota Pekanbaru menjelaskan bahwa dua aplikasi tersebut digagas oleh Camat Bukitraya, Masykur Tarmizi, dan Camat Rumbai Zulhelmi.

Sementara pada kunjungan ke Pekanbaru Command Center ini para tamu walikota yang hadir sempat terkesima dan terpesona dengan alat layanan aplikasi yang canggih dalam percepatan smar city yang digagas oleh Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru tersebut.

Walikota Solok Apresiasi Tuan Rumah Muskomwil

Seperti halnya yang disampaikan Walikota Solok, H Zul Elfian Umar Dt Tianso SH Msi, mengapresiasi tuan rumah Muskomwil I Apeksi.

"Semoga apa yang disampaikan bapak Firdaus, dapat diadopsi oleh kota-kota lain. Untuk diterapkan kemajuan dengan kondisi kota masing-masing, "ungkapnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan Walikota Pekanbaru sangat luar biasa, "Seperti smart city madani ini sangat luar biasa, kotanya cerdas, masyarakatnya religius, " katanya. (Adv/rbs)

 


Akses radarbisnis.co.id Via Mobile m.radarbisnis.co.id
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Jl. Seroja Pekanbaru
TELP / HP : 081268162022 / 081276277120
Email: radarbisnisnews@gmail.com